MENGENAL
MACROMEDIA FLASH 8
Area
kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline,
Stage dan Panel. Lihat gambar
di bawah ini!
- Menu berisi control untuk berbagai
fungsi seperti membuat, membuka,dan menyimpan file, copy, paste, dan
lain-lain.
- Stage adalah area persegi empat yang
merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi yang akan
dimainkan.
- Toolbox berisi koleksi untuk membuat
atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox
dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan
Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya,
ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan
scale akan muncul di bagian options.
- Timeline adalah tempat kita dapat
membuat dan mengontrol objek dan animasi.
- Panels berisi control fungsi yang
dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai
property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
- Properties merupakan window yang digunakan
untuk mengatur property dari objek yang kita buat.
- Components digunakan untuk
menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke
internet.
Mengenal Toolbox
Toolbox merupakan
bagian dari Flash yang memiliki peranan yang sangat penting. Di dalamnya
terdapat berbagai tool yang dapat kita gunakan untuk menggambar suatu objek
atau memodifikasi objek tersebut. Nama beserta fungsinya akan dijelaskan
sebagai berikut
- Selection tool untuk memilih dan memindahkan
objek.
- Subselect tool untuk memilih titik-titik
pada suatu garis dalam objek.
- Free Transform tool digunakan
untuk memperbesar, memperkecil atau memutar (rotate) objek yang kita buat
serta dapat mengubah bentuk objek menjadi bentuk lain.
- Gradient Transfrom tool untuk
mengatur posisi gradient pada objek.
- Linetool untuk membuat garis.
- Lasso tool untuk memilih sebagian
dari objek atau objek yang tidak teratur. Jika Selection tool hanya bisa
memilih keseluruhan dari objek, sedangkan Lasso tool bisa memilih apa pun
yang terdapat dari objek yang digambar.
- Pen tool untuk menggambar kurva
dan garis yang dapat dimanipulasi dengan Subselect tool.
- Text tool digunakan
untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
- Oval tool untuk membuat lingkaran atau
oval.
- Rectangle tool untuk menggambar persegi
atau kotak
- Pensil tool untuk menggambar suatu
bentuk teratur.
- Brush tool seperti kuas dengan warna
tertentu dapat membuat bentuk yang bebas.
- Ink Bottle tool untuk menambah atau
megubah warna garis di pinggir suatu objek.
- Paint Bucket tool untuk memberi atau
mengubah warna pada suatu bidang (fill).
- EyeDropper tool untuk mengidentifikasi
warna atau garis dalam sebuah objek.
- Eraser tool untuk menghapus area yang
tidak diinginkan dari objek.
- Hand Tool untuk menggeser layer atau
tampilan pada stage.
- Zoom tool untuk memperbesar atau
memperkecil tampilan pada stage.
- Stroke Color untuk mewarnai bingkai
yang berada di pinggir objek.
- Fill Color untuk mewarnai bidang
objek.
- Swap Colors untuk memilih stroke
color atau fill color secara bergantian.
- No Color untuk mengosongkan warna.
- Default Colors untuk menentukan warna
stkitar baik untuk stroke atau fill.
- Black & White, digunakan untuk memberi
warna objek dan warna border / garis dengan warna hitam putih.
Timeline terdiri
atas Layer, Frame dan Playhead. Fungsinya adalah sebagai tempat pengaturan
timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer
lihat gambar berikut !
- Frame adalah kotak-kotak
berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi
apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan
untuk membentuk suatu pergerakan animasi.
- Keyframe ditkitai dengan titik
hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
- Blank Keyframe ditkitai dengan frame
yang putih atau kosong. Ini berarti bahwa tidak ada objek.
- Action Frame ditkitai dengan
huruf ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti bahwa ada action script
padxa frame tersebut.
- Sound Frame ditkitai dengan gelombang suara
pada frame, ini berarti bahwa ada suara yang dimasukan pada frame
tersebut.
- Motion tween frame ditkitai dengan warna
unggu dengan panah diantara dua frame.
- Shape tween frame ditkitai dengan warna
hijau dengan panah diantara dua frame.
- Playhead ditkitai dengan warna
merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan animasi
yang bisa langsung dilihat pada stage.
·
Mengenal Layer
Layer (lapisan) merupakan hal yang
sangat penting di flash. Layer digambarkan seperti tumpukan lembaran yang
transparan. Layer yang paling atas akan menutupi objek layer yang dibawahnya.
Kegunaannya antara lain:
·
Untuk pengaturan kerja, animasi dan
elemen lainnya. Jadi, kita bisa memakai layer yang berbeda antara file suara,
objek, action, label frame dan komentar frame.
·
Untuk memudahkan dalam menggambar
atau mengedit suatu oobjek tanpa mempengaruhi objek yang berada di layer lain.
·
Agar bisa menemukan objek dengan
cepat dan mudah ketika akan mengedit objek tersebut.
·
Dapat membuat banyak objek dengan
animasi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.
Beberapa
macam mode layer terlihat pada gambar di bawah ini:
- Mode Aktif ditandai dengan gambar
pensil, mode ini menunjukkan bahwa layer sedang aktif dan siap untuk
mengerjakan suatu objek pada layer tersebut.
- Mode Normal adalah mode yang bisa dilihat
dan diedit ketika mode ini menjadi mode aktif.
- Mode Terkunci ditkitai dengan gambar
gembok kecil yang terkunci. Pada mode ini kita hanya bisa melihat objek
pada layer tanpa bisa mengeditnya.
- Mode tersembunyi ditkitai dengan tkita X,
pada mode ini kita tidak dapat melihat objek pada layer. Mode ini
diperlukan untuk lebih leluasa mengedit objek pada layer lain.
- Mode Outline ditkitai dengan kotak
tanpa warna, yang berarti tidak menampilkan objek secara keseluruhan,
hanya garis luarnya saja yang terlihat.
Kebijakan Komentar
Mohon sertakan informasi yang detail saat bertanya.
Baca Kebijakan Berkomentar kami sebelum berkomentar.
0 Comments