Microsoft excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft excel berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. 
Microsoft excel sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan pengolahan data. Dengan adanya microsoft excel, data akan semakin mudah dilakukan olah data. Informasi yang akan dihasilkan dari penggunaan microsoft excel bisa dipercaya. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.
Microsoft Excel secara fundamental menggunakan spreadsheet untuk memanagemen data serta melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.
Dalam kegunaannya, microsoft excel memiliki banyak fungsi sehingga menjadi salah satu program komputer yang sangat digemari oleh banyak konsumen dan memiliki berbagai fungsi didalamnya. Fungsi yang dimiliki oleh microsoft excel adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan pengolahan data (perhitungan dan kalkulasi data)
  2. Membuat data menjadi lebih rapi
  3. Mengkonversi mata uang
  4. Mengkonversi data menjadi grafik
  5. Melakukan berbagai perhitungan secara statistika
  6. Mempermudah untuk membuat berbagai catatan keuangan baik pribadi ataupun untuk perusahaan
  7. Bisa digunakan untuk salah satu cara belajar komputer dan berbagai logika perhitungan
  8. Mempermudah pembuatan laporan keuangan
  9. Mempermudah melakukan analisa terhadap data
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.